Senin, 12 Juli 2010

Tugas Kuliah PTIK Ke 8

Tugas Rangkuman

Dasar Pemrograman

Jenis Pemograman:

- Scratch

- Borland

- Turbo Pascal

- Small Basic

- Microsoft Visual Basic 6.0

Pengertian Komputer

Komputer terdiri dari :

1. Perangkat Keras : Memproses fakta dan data menjadi informasi

2. Perangkat Lunak : Mengatur pemrosesan data dan fakta menjadi informasi

Bentuk Perangkat Lunak :

Perangkat Lunak berbentuk Aljabar Boolean yang direpresentasikan sebagai binari digit bentuk 0 atau 1 Kode , kode tersebut digabungkan menjadi instruksi aritmatik, logika, dan instruksi mnemonic , Instruksi mnemonic digabung kembali menjadi BAHASA

Pemrogram

Bahasa Pemrograman

Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi

Bahasa tertulis adalah suatu sistem berkomunikasi dengan menggunakan simbol (huruf) untuk membentuk kata.

Dalam ilmu komputer, bahasa manusia disebut bahasa alamiah (natural languages), dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer

Bahasa Pemrograman

Level Rendah : Level bahasa yang mendekati level bahasa mesin, instruksi yang diberikan akan langsung dipahami oleh komputer. Pada level ini program yang diinstruksikan berupa angka angka kode heksa atau biner, (matematika biner) contoh: bahasa mesin

Level Menengah: Level bahasa gabungan antara intruksi mesin dengan instruksi yang mulai mendekati bahasa manusia berkomunikasi, contoh: bahasa assembler dan bahasa C

Level Tinggi : Bahasa pemrograman yang mendekati instruksi manusia berkomunikasi, contoh: Pascal, Delphi, Visual Basic, atau Oracle

Perkembangan Bahasa Pemrograman

A. Generasi I: Bahasa Mesin

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator) pada tahun 1945 oleh Mauchly and Eckert.

Menggunakan kode-kode biner (0 dan 1), dengan basis dasar transistor. “On” = 1, dan kondisi “Off” = 0.

Rumit, sukar dihafal, dan lama

Dikembangkan dengan bilangan oktal dan heksadesimal

B. Generasi II : Low Level Language

    1. Penyempurnaan dari bahasa mesin
    2. Bahasa assembly sudah mulai memasukkan unsur kata bahasa Inggris meskipun dalam bentuk singkat
    3. Bersifat machine dependent
    4. Penulisan bahasa assembly sudah jauh lebih mudah dibanding dengan bahasa mesin, namun masih terlalu sulit bagi orang awam yang tidak memahami perangkat keras komputer, karena beberapa variabel masih mengacu pada register, alamat memori maupun alamat port I/O.

C. Generasi III : High Level Language

Tahun 1950, FORTRAN (FORmula TRANslator), yang sudah bersifat machine independent.

Diikuti bahasa pemrograman aras tinggi seperti : BASIC, COBOL, PL/1, PASCAL, ALGOL, PROLOG, C, dan lain-lain.

Pemrosesan program oleh komputer dalam bahasa aras tinggi ini meliputi:

I. Compilation

II. Link

III. Execution

  1. Generasi IV: Bahasa Deklaratif

Bahasa pemrograman ini jauh lebih mudah ditulis karena instruksinya sudah sangat mendekati bahasa percakapan sehari-hari

Contoh: DBASE, SQL (Structured Query Language)

  1. Generasi IV: Bahasa Deklaratif

Bahasa pemrograman ini jauh lebih mudah ditulis karena instruksinya sudah sangat mendekati bahasa percakapan sehari-hari

Contoh: DBASE, SQL (Structured Query Language)

Definisi Program dan Pemrograman

  1. Kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program)
  2. Urutan perintah yang disusun sedemikian rupa, sehingga komputer dapat melaksanakan perintah sesuai dengan keinginan pemakai

Pengertian Program Komputer

Program Komputer : Susunan Instruksi yang harus dikerjakan oleh komputer

Susunan Instruksi disebut dengan Perangkat Lunak (Software)

Langkah-langkah sistematis dalam pembuatan suatu program, sebagai berikut:

  1. Mendefinisikan permasalahan dan membuat rumusan untuk pemecahan masalah

Mendefinisikan Permasalahan dan membuat rumusan untuk pemecahan masalah

Harus mengerti dengan baik mengenai permasalahan apa yang ingin diselesaikan, seperti:

- Bagaimana hubungan antara data input dengan hasil pengolahannya

- Bagaimana data input dengan pengolahannya

- Bagaimana hubungan antara output dengan pengolahannya

- Bagaimana struktur pengolahannya

Sebagai Contoh:

Misalkan ingin menghitung luas segitiga :

1. Bahwa untuk mendapatkan luas segitiga (hasil pengolahan) harus diketahui alas dan tinggi segitiga tersebut (data input)

2. Bahwa untuk mengolah luas segitiga dengan formula 0,5 * alas * tinggi (pengolahan), input yang dibutuhkan adalah alas dan tinggi

3. Hasil dari pengolahan 0,5 * alas * tinggi didapat luas segitiga

4. Struktur pengolahannya yaitu data input:

Masukkan alasnya

Masukkan tingginya

Proses dengan formula 0,5 * alas * tinggi

Didapat luas segitiga dari hasil pengolahan diatas

  1. Implementasi

Implementasi telah mulai melibatkan bahasa pemrograman yang ingin digunakan di dalam mengimplementasi algoritmaakan menentukan bahasa pemrograman apa yang cocok atau ingin digunakan

Algoritma: urutan langkah-langkah yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah\

  1. Kompiling

Adalah tahapan pemeriksaan terhadap program yang disusun yang akan dilakukan oleh komputer dengan menggunakan Processor Program atau Kompiler

Processor program atau kompiler berfungsi sebagai alat/program yang akan menerjemahkan program yang dimasukkan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer (Objek Program)

  1. Menguji coba dan membuat dokumentasi

Menguji Coba

- Setelah selesai kompiling, langkah selanjutnya yaitu menguji program tersebut apakah telah berjalan sesuai dengan tujuannya untuk memberi solusi dari suatu permasalahan

- Apabila program belum berjalan dengan baik, maka kita perlu mengkaji kembali rumusan/algoritma yang telah dibuat pada langkah pertama, serta memperbaiki implementasi program yang mungkin keliru

Membuat Dokumentasi dan Persiapan untuk Produksi

Untuk memudahkan dalam memeriksa kesalahan suatu program ataupun memahami jalannya program, perlu membuat dokumentasi dari program yang dibuat

Dokumentasi tersebut berisi informasi mulai dari tujuan/fungsi program, algoritma program, hingga cara menggunakannya.

Flowchart atau Diagram Alir

Pengertian:

Flowchart atau diagram alir berfungsi sebagai alat bantu yang berupa simbol–simbol yang saling dihubungkan sehingga dapat menggambarkan alur pikir sebuah program atau permasalahan yang akan diproses dengan progam komputer

Teori Dasar:

Sebuah program secara sederhana digambarkan dengan alur proses sebagai berikut :

· Masukkan (Input)

Data yang berupa variabel (nilai data bisa berubah) atau konstanta (nilai data tetap) yang berguna sebagai data yang dibutuhkan agar formula/solusi yang ditetapkan dapat diproses

· Proses

Formula atau proses untuk menyelesaikan permasalahan dari data masukkan yang diberikan

· Keluaran (Output)

Hasil yang didapat setelah masukkan yang ada diproses


Contoh: Luas Segitiga

Contoh: Menghitung Luas Lingkaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar