Jumat, 21 Mei 2010

Pengantar Teknologi Informasi

I. Pendahuluan

1. Pengertian Teknologi Informasi
Adapun pengertian teknologi informasi dapat dijabarkan sebagai berikut :

a. Seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informal.

b.Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi computer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memroses dan menyimpan informasi,melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi

c.Teknologi yang menggabungkan komputasi (computer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data,suara dan video.

d. Teknologi informasi adalah ilmu yang berkaitran dengan seni atau sains dengan mengaplikasikan pengetahuan saintifik ke praktis.

Proses data terstruktur hasil olahan dapat digambarkan sebagai berikut : Data mentah----Diproses------Informasi.

e. Teknologi Informasi /TI/IT atau infotech

Istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam kegiatan receive----transmit----retrieve----process----store---record.

f.Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996)

Teknologi informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)

Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (Williams dan Sawyer, 2003)

Jadi dapat disimpulankan teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.

Teknologi komputer Adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer,termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer,pembaca sidik jari dan bahkan CD room. Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Yang dimaksud dengan program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer. Sedangkan data adalah bahan mentah bagi kompuetr, diolah oleh komputer yang akhirnya data yang telah diolah itu disebut informasi.

Teknologi komunikasi atau biasa juga disebut teknologi jarak jauh.Termasuk dalam kategori teknologi ini adalah telepon,radio dan televisi. Selain itu yang termasuk katagori teknologi informsi yang lainnya seperti, komputer, leptop, internet, dll.

http://gudangilmukomputer.blogspot.com/2008/06/pengertian-teknologi-informasi.html

2. Perkembangan Teknologi informasi

Evolusi Abad Informasi

-. Abad pertanian (tahun <>

-. Abad Industri (1800-1957), pada abad ini banyak orang yang bekerja di pabrik, menggunakan tenaga manusia dan mesin.

-. Abad Infirmasi (1957-sekarang), pada abad ini manusia sudah bekerja sebagai pekerja terdidik, menggunakan tenaga dan teknologi informasi. Sehingga masyarakatnya adalah masyarakat informasi yaitu suatu masyarakat dimana lebih banyak orang bekerja dalam bidang penanganan informasi daripada dibidang pertanian dan industri.

3. Sejarah teknologi Informasi

Perkembangan teknologi ionformasi sejak jaman purba samapai saat ini bisa digolongkan sbb:

a. Manual

sangat sederhana, pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.

b. Mekanik

Sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.

c. Mekanik Elektronik

Peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.

d. Elektronik

Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

Pertanyaan yang menarik " Mengapa kita harus belajar Teknologi Informasi?"

Jawaban sederhana terhadap pertanyaan tersebut adalah karena kita memerlukan teknologi tersebut dalam hidup dan kehidupan kita. Mungkin dapat dijabarkan dari manafaat dan peran Teknologi Informasi kita bisa lebih punya argumen kuat mengapa harus belajar TI.

Peran dan Manfaat Teknologi Informasi :

-. TI memiliki efek besar dan dampak signifikan;

-. Struktur, manajemen organisasi, serta proses suatu kegiatan sangat dipenuhi oleh TI;

-. TI mempengaruhi banyak aspek pekerjaan/ organisasi


Teknologi yang paling pesat perkembangannya saat ini ialah teknologi informasi. Dalam kurun waktu yang singkat terjadi pergeseran teknologi dengan penemuan baru yang lebih efektif dan efesien. Hal ini tentunya menuntuk kita para penerap teknologi informasi untuk terus -menerus
mengikuti perkembangtan atau memperbaharui perangkat yang digunakan sesuai dengan keperluan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar