Sabtu, 07 Agustus 2010

Tugas PTIK Ke 11

RANGKUMAN PTI PERTEMUAN KE 11
A. Pengertian Multimedia
Beberapa definisi Multimedia menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media
ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik
dan gambar (Turban et al, 2002)
2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan
interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
video (Robin dan Linda, 2001)
3. Multimedia dalam konteks komputer adalah: pemanfaatan
komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio,
video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai
berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
B. Sejarah Multimedia
1. Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer.
Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium
seringkali disebut pertunjukan multimedia
2. Pertunjukan multimedia mencakup: monitor video, synthesized
band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan
C. Perkembangan Multimedia
Menurut Morgan Stanley:
Untuk mencapai sebanyak 50 juta pengguna di Amerika Serikat waktu yang dibutuhkan untuk:
 Televisi : 13 tahun
 TV Kabel : 10 tahun
 Internet : 5 tahun
Dan perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet
Jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat akhir-akhir ini
 Pengguna CD-ROM drive mencapai lebih dari 200 juta, DVD
drive mulai menggantikan CD-ROM drive
 Layanan multimedia online sedang mengalami booming
 Teknologi komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan
infrastruktur multimedia mobile multimedia
D. Sistem Multimedia
SISTEM MULTIMEDIA: a multimedia system is any system which supports more than a single kind of media (AHD, 1991)
Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?
1. Kombinasi Media
Sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media
(continuous/discrete) dipakai. Contoh media diskrit : teks dan
gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
2. Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan
antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat
ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah
3. Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh
komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user
E. Multimedia PC
Multimedia PC merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia
Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer dengan:
 CD-ROM drive / DVD Drive
 Sound Card (untuk recording dan playback)
 Multimedia (Music/Movie) Player
 RAM dan HARD DISK yang mencukupi
 Graphics Adapter
 Speaker
F. Sistem Multimedia dibagi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing sistem dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence, permasalahan: bila bandwidth kecil, akan terjadi kemacetan jaringan.
Stand Alone Multimedia
Stand alone multimedia mempunyai I/O Device untuk menangkap data multimedia yang akan diproses tetapi untuk pelaksanaan proses playback dilakukan pemisahan antara media yang bergantung dengan waktu dengan media yang tidak bergantung pada waktu.
Multimedia based on network
 Harus terhubung dengan jaringan
 Mampu melakukan sharing sistem dengan sumber daya yang sama dimana computer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari komputer lain yang terhubung dalam jaringan sehingga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi.
Multimedia: antara Offline vs Online

Aspek:
Player
Media
Pesan
Pembelajaran
Interaktivitas
Komunikasi
Up dating
Sifat
Konten

Off Line :
Stand alone PC
Dua jenis atau lebih
Terintegrasi
Terprogram, closed
User dengan komputer
Dua arah
Terprogram, closed
Versi baru
Statis
Multi

On Line:
Network, internet
Dua jenis atau lebih
Terintegrasi,
interkoneksi
Terprogram, open
Antar user, narasumber
Banyak arah
Sin-Asinkronisasi
Kontinyu
Dinamis
Multi
Mengapa Multimedia ?
Multimedia dapat digunakan dalam:
1. Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
2. Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif


Multimedia mampu:
1. Mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para pekerja
dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor, contoh
software yang mendukung teleworking atau telecommuting:
Netmeeting
2. Mengubah cara belanja. Homeshopping atau teleshopping dapat
dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang
dengan sendirinya
3. Mengubah cara bisnis. Banyak perusahaan menggunakan sistem
jual beli online dan bank menggunakan cara online-banking
4. Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai
menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari
informasi, misalnya: membaca koran online
5. Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer
multimedia, belajar online, dan menggunakan e-book
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio

MULTIMEDIA INTERAKTIF
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
1. Pendidikan di Indonesia
• Hasil penelitian program pembangunan PBB (UNDP) tahun 2000 menunjukkan kualitas SDM Indonesia berada pada urutan 109 dari 174 negara, jauh dibandingkan dengan negara tetangga Singapura (24), Malaysia (61),Thailand (76) dan Philipina (77).
• Hasil studi International Educational Achievment (IEA) menunjukan kemampuan IPA peserta didik di SMP Indonesia menempati urutan ke-40 dari 42 negara yang diteliti (Rukmana dalam Zulhemi, 2006)
2. Faktor Penyebab
 Guru, Siswa, Sarana dan Prasarana, Kurikulum, dan Komitmen Bersama
 Salah satu faktor penyebab mutu pendidikan di Indonesia rendah adalah motivasi belajar siswa rendah karena pada saat proses pembelajaran guru kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif
 Pembelajaran yang interaktif bisa diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran
3. Media Pembelajaran
 Media : Medium = Perantara
 Media komunikasi: perantara penyampai pesan atau informasi
 Media pembelajaran : sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
4. Kontribusi media dalam proses pembelajaran
 Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
 Pembelajaran dapat lebih menarik
 Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
 Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
 Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
 Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
 Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
 Peran guru berubahan kearah yang posistif
5. Peran media dalam pembelajaran
 Membuat kongkrit konsep yang abstrak
 Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
 Memberikan pengganti pengalaman langsung
 Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
 Memberikan pengalaman segi pengamatan
 Menyajikan perbedaan warna secara visual
 Menyajikan informasi yang memerlukan gerak
Jenis-jenis media
 Media Cetak
 Media Radio/Audio
 Media Televisi/Video
 Komputer/Jaringan
Trend Pemanfaatan media
 Integrasi
Dua atau lebih media dimanfaatkan secara terpadu untuk saling mengisi dan saling melengkapi
 Konfergensi
Penggabungan berbagai tipe media – teks, foto, grafik, suara, video, dan animasi – kedalam satu buah media tertentu.
 Interaktif
Adanya komunikasi dua arah antara media dengan pengguna dalam bentuk stimulus dan response

MULTIMEDIA INTERAKTIF
Model pembelajaran multimedia interaktif (MMI) diartikan sebagai:
suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad ; Setiawan dalam Samsudin, 2008).

MULTIMEDIA INTERAKTIF :Teks, Gambar, Grafik, Animasi, Audio, dan Video (audio visual)
Manfaat :
• Meningkatkan motivasi belajar siswa
• Meningkatkan hasil belajar siswa
• Mereduksi miskonsepsi siswa
• Mengembangkan kompetensi guru

MULTIMEDIA INTERAKTIF
Lee, Nicoll, dan Brooks (2005) dalam penelitiannya tentang ”Perbandingan Pembelajaran Berbasis Web secara Inkuiri dan Contoh Kerja dengan Menggunakan Physlets” menemukan bahwa:
”siswa merasa tertolong dengan penggunaan model pembelajaran (multimedia interaktif) MMI jenis Physlets, dalam hal memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkret”
Kartini (2006) bahwa model pembelajaran interaktif berbasis komputer dapat:
”meningkatkan penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa SMP”
Hendrawan dan Yudhoatmojo (2001) dalam penelitiannya tentang ”Efektivitas dari Lingkungan Pembelajaran Maya Berbasis Web (Jaringan)” mengatakan bahwa: ”lingkungan pembelajaran yang bermedia teknologi (model pembelajaran MMI) dapat meningkatkan nilai para siswa (konsep), sikap mereka terhadap belajar, dan evaluasi dari pengalaman belajar mereka”
Eni Nuraeni (2006) dari penelitian yang dilakukannya menyimpulkan bahwa: ”multimedia yang digunakan untuk media pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dengan taraf kepercayaan 95%”
Model Multimedia Interaktif
• Model Drill
• Model Tutorial
• Model Simulasi
• Model Eksperimen (virtual lab)
• Model Games

MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN
• Guru bisa mengadopsi
• Guru bisa mengembangkan
• Guru bisa membuat sendiri
• Guru bisa menerapkan di kelas
Contoh Mengadopsi dan mengembangkan
• Menggunakan internet
• Menggunakan cd pembelajaran
Cara Pemanfaatan Internet untuk Media Pembelajaran
• Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
• Memanfaatkan blog yang dikelola guru (pengajar)
• Tiap peserta didik dan guru mengelola blog masing-masing
• Menggunakan sarana jejaring sosial (facebook atau twitter)
• Menggunakan Learning Management System (LMS)
Harry B.Santoso (2009)
Tantangan Multimedia Interaktif
• Butuh peralatan (komputer, LCD, dan audio system)
• Butuh keahlian khusus (produksi dan operasi)
• Sumber listrik harus tersedia

1 komentar:

  1. The latest casino slot machines | DrMCD
    Check out the latest slots 김해 출장안마 games 여수 출장샵 available at the 대구광역 출장안마 best casinos in the United States. We've added more 서산 출장마사지 to the list and 과천 출장샵 keep you updated with new slots

    BalasHapus